KRISIS KEMANUSIAAN YANG SEMAKIN MENINGKAT

news_36827_1431052528

AGEN POKER – Dunia sedang menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak 1945. Kepala kemanusiaan PBB mengatakan saat ia memohon bantuan untuk menghindari “bencana”.

DEWA POKER – Stephen O’Brien berkata kepada Dewan Keamanan PBB, lebih dari 20 juta orang terancam mati kelaparan dan paceklik di Yaman, Somalia, Sudan Selatan, dan Nigeria.

TEXAS POKER – Unicef telah memperingatkan 1,4 juta anak bisa mati kelaparan tahun ini. O’Brien katakan, USD4,4 miliar dibutuhkan mulai Juli demi mencegah bencana.

POKER ONLINE – “Kita berdiri di titik kritis dalam sejarah,” kata O’Brien pada Dewan Keamanan, Jumat 10 Maret. “Sudah sejak awal tahun kita menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak PBB berdiri.”

JUDI POKER – “Sekarang, lebih dari 20 juta orang di empat negara itu terancam kelaparan dan paceklik. Tanpa upaya global kolektif dan terkoordinasi, penduduk hanya akan mati kelaparan. Banyak lagi yang akan menderita dan tewas kena penyakit,” tuturnya.

Komentar O’Brien menyusul imbauan serupa dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, bulan lalu. Saat itu, Guterres ungkapkan PBB hanya menerima USD90 juta selama tahun 2017, banyak janji hanya angin surga.

Seperti O’Brien, ia mendesak lebih banyak dukungan keuangan bagi keempat negara. Tapi mengapa mereka membutuhkan bantuan?

Yaman

Beberapa foto beredar di antara yang paling mengejutkan tahun lalu: anak-anak kurus, tergantung pada kehidupan dengan sisa sedikit kekuatan. Balita empat tahun tidak lebih besar dari bayi baru lahir. Dan para ibu tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghentikan anak-anak mereka mati.

Diperkirakan seorang anak meninggal setiap 10 menit di Yaman akibat penyakit yang tak dapat dicegah, sementara setengah juta balita menderita gizi buruk akut.

PBB perkirakan sekitar 19 juta orang — atau dua pertiga dari penduduk Yaman — butuh bantuan kemanusiaan setelah dua tahun perang saudara antara pemberontak Houthi dan pemerintah, yang didukung oleh koalisi dipimpin Arab Saudi.

Sudan Selatan

Badan-badan PBB melaporkan 100.000 orang menghadapi kelaparan di Sudan Selatan, sementara satu juta lebih diklasifikasikan sebagai di ambang kelaparan.

Masalah akut sebagian besar berupa keadaan rawan pangan, dan sudah meluas secara nasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s